Penulis / NIM
ASTUTI SULEMAN / 911416081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Astuti Suleman Nim 911416081. Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX2 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten GorontaloÂ. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dengan pembimbing I Bapak Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan pembimbing II Bapak Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas IX-2 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo subjek penelitian ini adalah siswa yang diberikan tindakan sebanyak 24 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas guru dan siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal terdapat presentase 45,83% yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal, pada siklus I meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus II meningkat lagi 87,5% sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,83%.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Teams Games Tournament
Download berkas