SKRIPSI

Penulis / NIM
PONI NAIDI / 911416082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Poni Naidi, Nim 911416082.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigaion GI Pada Mata Pelajaran Ekonomi suatu penelitian pada kelas X IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Dibawah bimbingan bapak Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan Ibu Radia Hafid, S.Pd.,M.Si. Program studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Group Investigation GI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil observasi awal dari jumlah siswa 30 orang hanya terdapat 7 orang siswa 23,33 persen yang mencapai nilai KKM, dan 23 orang siswa lainnya belum mencapai nilai ketuntasan. Metode yang digunakan adalah deskriptif berdasarkan lembar observasi kegiatan guru, kegiatan siswa, dan hasil belajar siswa. Sesuai dengan analisis data hasil evaluasi tertulis pada pembelajaran siklus I (awal) dapat di ketahui bahwa 18 atau 60 persen memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan 12 siswa atau 40 persen memperoleh nilai 75 ke bawah. Perolehan tersebut menggambarkan bahwa optimalnya pembelajaran terhadap materi yang diberikan belum terlaksana dengan baik sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh bebrapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek KBM. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II menunjukan bahwa dari 30 siswa di kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tapa terdapat 24 orang siswa 80 persen yang tuntas dan 6 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model Group Investigation GI pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Group Investigation
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011