Penulis / NIM
SITI NOERKHALISA RADJAK / 911416084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Siti Noerkhalisa Radjak. Nim: 911 416 084. Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition atau CIRC Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-4 Di SMP Negeri 1 Telaga Biru Gorontalo Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd selaku Pembimbing I, dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition atau CIRC pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-4 Di SMP Negeri 1 Telaga Biru Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integratede Reading and Composition atau CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-4 Di SMP Negeri 1 Telaga Biru Gorontalo. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu 65,62 Persen dan siklus II menjadi 81,25 Persen. Peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 15,63 Persen.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition atau CIRC
Download berkas