Penulis / NIM
RISKAWATI IGIRISA / 911416087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
Riskawati Igirisa, Nim 911 416 087. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bapak Dr. Hi. Rosman Ilato, M.Pd dan Ibu Sri Indriyani S Dai, SE,ME.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and picture terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Di kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Metode deskriptif adalah adalah suatu metode dalam meneliti sekelompok manusia, suatu obyek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk penggambaran secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki, dengan jumlah sampel 61 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran picture and Picture berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Hasil positif menunjukan bahwa semakin baik model pembelajaran picture and Picture maka akan semakin baik pula motivasi belajar siswa. Kemudian nilai koofisien determinasi dari model regresi yang telah diperoleh sebelumnya adalah sebesar 0,722. Nilai ini berarti bahwa sebesar 72,20 persen variabel model pembelajaran picture and picture di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar 27,80 persen dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Adapun variabel lain yang tidak diteliti yakni pengajaran, keteladanan, kemampuan, kemauan, serta bakat siswa.
Kata Kunci : Model Picture and Picture, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas