Penulis / NIM
SOFYAN TOBI / 911416089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Sofyan Tobi. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran STAD (Student Team-Achievement Divisions) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-A di SMP Negeri 7 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing (2) Bpk. Roy Hasiru, S.Pd.M.Pd
Tujuan Penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Pembelajaran STAD (Student Team-Achievement Divisions) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VII-A di SMP Negeri 7 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel penelitian berjumlah 32 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran STAD (Student Team-Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-A di SMP Negeri 7 Gorontalo maka hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 47%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81%. Data Ini menunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 34% dari siklus I ke siklus II atau lebih dari standar ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 75%. Maka dari itu hipotesis tindakan tersebut terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran STAD (Student Team-Achievement
Divisions)
Download berkas