Penulis / NIM
ANA SUWANTRI / 911416091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Ana Suwantri. 2020. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VIII 2 IPS Terpadu SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo" Skripsi. Konsentrasi Perkantoran Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. pembimbing I Drs.Hj.Salma Bowtha, M.Pd. dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag.,M.Ag.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning di kelas VIII IPS 2 SMP Negeri Widyakrama.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII IPS 2 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes hasil, belajar, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini di buktikan hasil belajar siswa pada siklus I, siswa yang memenuhi KKM sebanyak 9 orang siswa (32,14%). Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan memenuhi KKM sebanyak 24 orang siswa (85,72%), dan peningkatan hasil belajar dari siklus I kesiklus II yaitu 53,58%.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Download berkas