SKRIPSI

Penulis / NIM
MIRANDA PUSPITA S. ISMAIL / 911416096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Miranda Puspita Sari Ismail. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Tapa. skripsi. Konsentrasi Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raflin Hinelo, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes aktivitas belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik analisis data digunakan kuantitatif deskriptif. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa dibuktikan dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif pada observasi awal 8 siswa (25%) menjadi 23 siswa (72%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa (88%) pada siklus II. Serta meningkatnya jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 pada observasi awal 9 siswa (28%) menjadi 24 siswa (75%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa (88%) pada siklus II. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray maka aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 akan meningkat dapat diterima karena terbukti kebenarannya. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011