Penulis / NIM
SUSANTI PULUWALO / 911416097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
SUSANTI PULUWALO. NIM 911 416 097. Skripsi Pengaruh Fasilitas Pembelajaran
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Program
Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas
Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Ibu Sri
Indriyani S Dai, SE, ME
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap motivasi
belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Pada penelitian ini peneliti menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan metode Ex-Post Facto sampel penelitian adalah siswa yang
berjumlah 51 orang. Teknik pengempulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara
memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan
terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Hasil koefisien positif
menunjukan bahwa semakin lengkap fasilitas pembelajaran maka akan semakin tinggi pula
motivasi belajar siswa. Kemudian nilai koofisien determinan sebesar 90,0 persen sementara
sisanya sebesar 10,0 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
yaitu faktor internal siswa seperti kemampuan, kemauan siswa, bakat siswa serta faktor eksternal
yakni keterampilan mengajar guru, motivasi orang tua, model pembelajaran dan peran kepala
sekolah.
Kata Kunci : Fasilitas Pembelajaran, Motivasi Belajar
Download berkas