Penulis / NIM
NUR`AIN M. DAI / 911416100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Dai 2020. Skripsi tanda kutip Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Dungaliyo tanda kutip. Konsentrasi Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. ABD. Rahman Pakaya, M.Si dan Pembimbing II Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Dungaliyo melalui penggunaan model pembelajaran window shopping.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas buka kurung PTK balas kurung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes hasil belajar, dan dokumntasi. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Dungaliyo dibuktikan dari meningkatnya jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih besar dari 70 pada observasi awal 10 orang siswa buka kurung 28.57 persen balas kurung menjadi 21 siswa buka kurung 60 persen balas kurung pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa buka kurung 80 persen balas kurung pada siklus II. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi tanda kutip Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Dungaliyo, maka hasil belajar siswa akan meningkat tanda kutip dapat diterima karena terbukti kebenarannya.
Kata Kunci: Model pembelajaran Window Shopping, Hasil Belajar Siswa
Download berkas