Penulis / NIM
RAHMAN LATEDU / 911416101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
ABSTRAK
Rahman Latedu. 911416101. 2020. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Di Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Raflin Hinelo, S.Pd., M.Si dan Bapak Boby Rantow Payu, S.Si., ME.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Di Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket dan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Perbankan Dasar Di Kelas X Akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gorontalo. Koefisien regresi positif menunjukan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Perbankan Dasar Di Kelas X Akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gorontalo dilatar belakangi oleh adanya penerapan pendekatan kontekstual yang diajarkan oleh guru dalam mata pelajaran tersebut, karena pendekatan ini memiliki berbagai kelebihan yang mampu menstimulasi siswa agar lebih aktif dalam berpikir untuk paham mengenai konsep dan konteks dari pelajaran. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,301. Nilai ini berarti bahwa sebesar 30,1% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pendekatan kontekstual. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap motivasi belajar siswa sebesar 69,9% .
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pendekatan Kontekstual
Download berkas