Penulis / NIM
SRI GUSTANTI AMUDA / 911416105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
SRI GUSTANTI AMUDA. NIM 911 416 105. Skripsi Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX Di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Amir Arham, M.E dan Bapak Sudirman, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas IX di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo secara parsial maupun simultan. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1 Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin baik status sosial ekonomi orang tua maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa.
2 Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Semakin kondusif lingkungan teman sebaya maka akan semakin baik hasil belajar siswa terutama dalam memenuhi kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran IPS terpadu. 3 Status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Kemudian nilai determinan sebesar 40,00 persen sementara sisanya sebesar 60,00 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor internal siswa seperti kemampuan, kemauan siswa, bakat siswa serta faktor eksternal yakni keterampilan mengajar guru, motivasi orang tua, model pembelajaran dan peran kepala sekolah.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua,
Lingkungan Teman Sebaya
Download berkas