Penulis / NIM
JIHAN R HASAN / 911416109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
Jihan R. Hasan. 911416109. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis Kelas X Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd dan Bapak Sudirman, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis Kelas X Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 31 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran probing prompting berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis Kelas X Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Koefisien regresi positif menunjukan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis Kelas X Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,661. Nilai ini berarti bahwa sebesar 66,10 persen motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran probing prompting. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap motivasi belajar siswa sebesar 33,90 persen yakni variabel minat belajar, kepribadian siswa, teman sebaya, lingkungan belajar, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, kemampuan pengelolaan kelas dan kerja sama guru dengan orang tua siswa.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Probing Prompting
Download berkas