Penulis / NIM
NELLA MARCELA SULEMAN / 911416111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
Nella Marcela Suleman. 911 416 111. 2020. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Gorontalo Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Amir Arham, M.E selaku pembimbing I dan Bapak Sudirman S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Gorontalo Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Data penelitian adalah data primer dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo Kota Gorontalo. Makna koefisien positif yakni semakin baik pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru maka akan semakin tinggi motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Koefisien determinasi atau angka R Square adalah sebesar 0,369 menunjukan bahwa sebesar 36,90 persen variabilitas motivasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh pengelolaan kelas, sedangkan sisanya sebesar 63,10 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor internal yang terdiri atas pengetahuan, kebutuhan, semangat dan minat serta faktor eksternal yang tediri atas lingkungan dan orang-orang di sekitar siswa.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pengelolaan Kelas
Download berkas