Penulis / NIM
TINSIAWATI ISMAIL / 911416114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
TINSIAWATI ISMAIL. NIM 911 416 114. Skripsi Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Irina Popoi dan Bapak Sudirman
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post fakto. Sampel penelitian ini adalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo yang berjumlah 51 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap disiplin belajar dengan koefisien determinasi sebesar 0.177 atau 17.7 persen. sisanya 82.3 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain pada penelitian ini.
Kata Kunci Lingkungan Belajar, Disiplin Belajar
Download berkas