Penulis / NIM
MOHAMAD ZULFIKAL MAKUTA / 911416115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. FAHRUDIN ZAIN OLILINGO, SE., M.Si / 0028105805
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Zulfikal Makuta. 911 416 115. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-C di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Kosentrasi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Fahrudin Zain Olilingo, S.E, M.Si. dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-C di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian sebanyak 28 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukan meningkatnya hasil belajar pada siklus I dimana dari 28 orang siswa yang dilakukan tindakan memperoleh nilai 75 yaitu sebesar 64.28% dan pada siklus II menjadi 89.28% dimana terjadi peningkatan sebesar 25% dari siklus I. Dengan demikian, hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada mata pelajaran IPS
Terpadu di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, model pembelajaran Student Teams
Achievement Divisions (STAD)
Download berkas