SKRIPSI

Penulis / NIM
ARISKA M MOBILINGO / 911416117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK ARISKA M. MOBILINGO. NIM 911 416 117. Skripsi Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj, Salma Bowtha, M.Pd dan Bapak Sudirman, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 81 siswa. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu Apakah terdapat Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada Siswa Kelas VII Di Mts Negeri 1 kota Gorontalo yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data premier dan data sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi berganda karena lebih dari 1 variabel bebas. Analisis dilakukan dengan bantuan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Pendidikan berpengaruh negative terhadap hasil belajar sedangkan variabel Pekerjaan berpengaruh negative tetapi tidak signifikan terhadap hasil belajar, Keadaan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dan Pendapatan berpengaruh negative tetapi tidak signifikan terhadap hasil belajar. Dan secara simultan variabel bebas Pendidikan, Pekerjaan, Keadaan ekonomi, Pendapatan secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat Hasil Belajar. Kemudian nilai R Square adalah sebesar 0.588%. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 58,8% variabel Pendidikan, Pekerjaan, Keadaan ekonomi, Pendapatan sedangkan sisinya sebesar 41,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Ekonomi Keluarga, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011