Penulis / NIM
TIRTAWATI TOLANA / 911416118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Tirtawati Tolana. 911 416 118. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 5 Kota Gorontalo. Skripsi. Konsentrasi Tata Niaga Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. 2020. dibawah Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMKN 5 Kota Gorontalo melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus yang menjadi subjek penelitian sebanyak 27 siswa.
Hasil penelitian menunjukan meningkatnya hasil belajar pada tindakan siklus I di mana terdapat 14 siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas 52 persen pada tindakan siklus II hasil belajar mengalami peningkatan di mana 22 siswa memperoleh nilai 75 ke atas 81 persen di mana terjadi peningkatan persentasi keberhasilan siswa dalam hasil belajar sebesar 29 persen dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 5 Kota Gorontalo
Download berkas