Penulis / NIM
INDRIYATI SABUDI / 911416122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Indriyati Sabudi. 911 416 122. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Administrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbingan Bapak Dr. Hi. Rosman Ilato, M.Pd dan Ibu Fitri Hadi Yulia Akib, SE., ME.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil belajar pada siklus I di mana dari 30 orang siswa yang dilakukan tindakan memperoleh nilai 75 yaitu sebesar 63.33% dan pada siklus II menjadi 90% dimana terjadi peningkatan sebesar 26.67% dari siklus I. Demikian, hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, model pembelajaran Group Investigation (GI)
Download berkas