Penulis / NIM
LIPIYANI SUTINO / 911416124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SEI, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu DR.Dra Sri Endang Saleh, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Ivan Rahmad Santoso, SEI, MSI selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA'1 di SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi Kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Hasil koefisien regresi positif menunjukan bahwa semakin efektif dan kreatif model pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru maka akan semakin baik pula hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi Kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,554. Nilai ini berarti bahwa sebesar 55,40% hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi Kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo dipengaruhi oleh pengelolaan kelas yang dilakuakn oleh guru secara inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengelolaan Kelas
Download berkas