Penulis / NIM
RIZKY OKTAVIANI LASANTU / 911416135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
Rizki Oktaviani Lasantu. 2019 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 1 MAN 1 Kota Gorontalo skripsi. Konsentrasi Tata Niaga Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah Pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Rusli Isa M,Si.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di Kelas XI IPS 1 di Sekolah MAN 1 Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas PTK. Penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa
Hasil penelitian menunjukan meningkatnya hasil belajar pada siklus 1 dimana dari 30 orang siswa yang dilakukan tindakan memperoleh nilai 75 yaitu sebesar 47 persen dan pada siklus II menjadi 87 persen dimana terjadi peningkatan sebesar 40 persen dari siklus I. Dengan demikian, hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatie tipe Sudent Team Acvhievement Division pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Kota Gorontalo
Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar Siswa
Download berkas