Penulis / NIM
FIRZAWATI ZAKARIA / 911416137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Menggunakan Google Meet Di SMP Negeri 2 Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa menggunakan Google Meet di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Gorontalo. Hasil positif menunjukan bahwa semakin kondusif lingkungan keluarga yang terlihat dari dukungan moril dan penyediaan fasilitas belajar siswa maka akan semakin tinggi minat belajar siswa menggunakan Google Meet di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Gorontalo. Nilai R Square adalah sebesar 0,369. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 36,90% variabilitas minat belajar siswa menggunakan Google Meet di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh lingkungan keluarga dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan sisanya sebesar 63,10% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kreativitas guru, model dan metode pembelajaran, kecerdasan emosional siswa, kecerdasan intelektual siswa, kecerdasan spiritual siswa, kerja sama guru dan orang tua serta fasilitas dalam kegiatan pembelajaran..
Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Google Meet
Download berkas