Penulis / NIM
MUHAMAD IZAN / 911416138
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
MUHAMAD IZAN. 911 416 138. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-I pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr.Rosman Ilato,M,Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru,S.Pd.,M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-I pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa Kelas VIII-I Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-I pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Semakin timggi Motivasi Belajar Siswa dalam kegiatan pembelajaran maka akan terjadi peningkatan yang signifikan bagi Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-I SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Nilai koefisien determinasi R Square adalah sebesar 0,912. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 91,2% hasil belajar dipengaruhi oleh Motivasi Belajar. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap Hasil Belajar sebesar 8,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Download berkas