Penulis / NIM
MUTIARA DINDA LESTARY GANGKA / 911416142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
Mutiara Dinda Lestary Gangka. 911 416 142. Hubungan Kreatifitas Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Perkantotan, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Dr.Muhammad Amir Arham, M.E. dan Ibu Fitri Hadi Yulia Akib, SE,ME.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreatifitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti sekelompok manusia, suatu obyek, suatu kondisi suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk pengambaran secara sistematis, factual dan akurat mengenai fa
kta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Hasil positif menunjukan bahwa semakin efektif kreatifitas mengajar guru maka semakin baik pula motivasi belajar siswa sehingga dalam mengikuti pembelajaran siswa lebih aktif dan cepat mengerti apa yang di jelaskan oleh guru. Nilai koefisien determinasi dari model regresi yang telah diperoleh sebelumnya adalah sebesar 0,400. Nilai ini berarti bahwa sebesar 40.00 persen variasi motivasi belajar dapat di jelaskan dengan baik dari variabel kreatifitas mengajar guru sedangkan sisanya sebesar 60 persen dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Kata Kunci: Kreatifitas Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas