Penulis / NIM
NI KADEK KURNIAWATI / 911416143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Ni Kadek Kurniawati.911 416 143. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Sri Endang Saleh,M.Si dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag,M.Ag
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif, denang menggunakan analisis data regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Semakin inovatif guru dalam penggunaan media pembelajaran visual maka akan terjadi peningkatan yang signifikan bagi hasil belajar siswa pada Mata pelajaran IPS Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,440. Nilai ini berarti bahwa sebesar 44,00% hasil belajar siswa Kelas VIII pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dipengaruhi oleh media pembelajaran visual..
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Visual
Download berkas