Penulis / NIM
NI KADEK AYU NIARTI / 911416144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K., M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SEI, MSI / 0002098302
Abstrak
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPA SMA NEGERI 4 GORONTALO
Ni Kadek Ayu Niarti1 Zuchri Abdussamad2 Ivan Rahmad Santoso3
Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Gorontalo
Email: ayukniarti@gmail.com
2020
ABSTRAK
Ni Kadek Ayu Niarti. 911416144. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidkan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K, M.Si. Pembimbing II: Ivan R. Santoso, SE.I, M.SI.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA SMA Negeri 4 Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode Peneltian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Gorontalo dengan subjek penelitian adalah kelas X IPA1 dengan jumlah siswa 30 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada observasi awal 10 orang (33%) yang memperoleh nilai 75, pada siklus I naik menjadi 20 orang (67%) yang memperoleh nilai 75 dan pada siklus II naik menjadi 28 orang (93%) yang memperoleh nilai 75 dimana dari siklus I terjadi peningkatan sebesar (26%). Dengan demikian, hasil belajar siswa meningkat dengan menerapakan model pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajar Ekonomi kelas X IPA SMA Negeri 4 Gorontalo.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas