Penulis / NIM
HAMDAN ILATO / 911416145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Hamdan Ilato. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Based (PBI) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas lX-C SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skirpsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Bapak DR. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing (2) Ibu Radia Hafid, S.Pd.,M.Si.
Tujuan Penelitian adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas XI-C SMP Negeri 7 Kota Gorontalo.
Penelitian ini Menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Sampel Penelitian berjumlah 30 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas XI-C SMP Negeri 7 Kota Gorontalo hasil belajar siswa meningkat dari Siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 46,67%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Data ini menunjukan terjadinya peningkatan sebesar 70,63% dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci : Hasil belajar Siswa, model pembelajaran Problem Based Instruction
Download berkas