SKRIPSI

Penulis / NIM
FRISKAWATI ABDULLAH / 911416146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K., M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK FRISKAWATI ABDULLAH. 911416146. 2020. PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII-4 SMP NEGERI 2 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si dan Ibu Radia Hafid, S.Pd., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Tehnik analisis data menggunakan regresi linear sederhana Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII-4 di Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hasil ini didukung dengan analisis deskriptif bahwa gaya belajar berada pada kategori cukup baik dengan kecenderungan siswa memiliki gaya belajar visual kemudian hasil belajar juga berada pada kategori yang cukup baik dengan aspek psikomotorik yang lebih nampak pada diri siswa. Nilai koefisien determinasi R² sebesar 0,550 yang berarti bahwa sebesar 55,00 persen hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII-4 di Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dipengaruhi oleh gaya belajar siswa. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap hasil belajar siswa sebesar 45,00 persen yakni variabel tipe kepribadian siswa, motivasi belajar, minat belajar siswa, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, strategi pembelajaran, model pembelajaran dan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas. Kata Kunci: Hasil Belajar, Gaya Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011