Penulis / NIM
IMEL EVIYANTI / 911416148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
UMIN KANGO, S.Pd, M.Si / 0012107902
Abstrak
ABSTRAK
Imel Eviyanti. Nim : 911416148. Penerapan Model Reciprocal Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII/D Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd selaku pembimbing I. dan Ibu Umin Kango, S.Pd., M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII/D SMP Negeri 3 Gorontalo melalui penerapan model Reciprocal learning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus dan yang menjadi subjek sebanyak 32 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal 10 orang siswa (31,25%) yang memperoleh nilai 77, pada siklus I naik menjadi 21 orang siswa (62,5) yang memperoleh nilai 77 dan pada siklus II naik menjadi 27 orang siswa (85%) yang memperoleh nilai 77 dimana pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 22,5%. Dengan demikian, hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model Reciprocal Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP 3 Kota Gorontalo.
Kata Kunci :Hasil Belajar Siswa, Model Reciprocal Learning
Download berkas