SKRIPSI

Penulis / NIM
IMEL EVIYANTI / 911416148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
UMIN KANGO, S.Pd, M.Si / 0012107902
Abstrak
ABSTRAK Imel Eviyanti. Nim : 911416148. Penerapan Model Reciprocal Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII/D Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd selaku pembimbing I. dan Ibu Umin Kango, S.Pd., M.Si selaku pembimbing II. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII/D SMP Negeri 3 Gorontalo melalui penerapan model Reciprocal learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus dan yang menjadi subjek sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal 10 orang siswa (31,25%) yang memperoleh nilai 77, pada siklus I naik menjadi 21 orang siswa (62,5) yang memperoleh nilai 77 dan pada siklus II naik menjadi 27 orang siswa (85%) yang memperoleh nilai 77 dimana pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 22,5%. Dengan demikian, hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model Reciprocal Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP 3 Kota Gorontalo. Kata Kunci :Hasil Belajar Siswa, Model Reciprocal Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011