Penulis / NIM
SISKA PAGUU / 911416150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
SISKA PAGUU, NIM: 911416150, 2020. SISTEM PEMBELAJARAN GOOGLE CALSSROOM ERA PANDEMIC COVID-19 MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS3 SMA NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO. Program S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti.,M.Si dan Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd.,M.Si.
Tujuan Peneltian ini: 1). Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran google classroom era pandemic covid-19 mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo, 2). Untuk mengetahui faktor-faktor penentu penerapan pembelajaran google classroom era pandemic covid-19 mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1). proses pembelajaran google classroom era covid-19 mata pelajaran ekonomi sudah terbilang baik, karena diketahui ketika proses pembelajaran berlangsung, guru melakukan tahapan pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran, evaluasi dan sampai pada penutup pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tetapi untuk hasil akhir penilaian pembelajaran masih terbilang rendah karena ditemukan dari 23 siswa hanya 9 siswa yang mencapai KKM atau hanya 39,13% 2). Faktor penentu penerapan pembelajaran diketahui faktor pendukung bahwa penggunaan Google Classroom dapat diakses kapan dan dimanapun, sementara faktor penghambat lebih kepada penggunaan koneksi internet kurang baik.
Kata Kunci: Pembelajaran google classroom, dan Pandemic COVID-19.
Download berkas