Penulis / NIM
ABIMAYU JAYA RIVAI / 911416152
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Abimayu Jaya Rivai. 911 416 152. 2022. Pengaruh Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII-A Di SMP Negeri 1 Kota GorontaloÂ. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak DR. Rosman Ilato, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII-A Di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo Angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 31 orang. Penelitan ini menggunakan angket dengan teknik analisis data regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran luring pada masa pandemi covid 19 berpengaruh positif sebesar 0,455 dan signifikan pada alpha 0,05 terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Selain itu koefisien determinasi dari pembelajaran luring pada masa pandemi covid 19 terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 0,153 atau sebesar 15,3% yang berarti variabilitas motivasi belajar siswa (Y) dapat dijelaskan oleh variabel pembelajaran luring (X), sedangkan sisanya sebesar 84,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor internal yang terdiri atas pengetahuan, kebutuhan, semangat dan minat serta faktor eksternal yang terdiri dari lingkungan dan orang-orang disekitar siswa.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Luring
Download berkas