Penulis / NIM
INTAN LAUBANA / 911417011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Intan Laubana. NIM 911417011. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 32 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran daring berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin pembelajaran daring maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 50,7% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh pembelajaran daring sebesar 50,7%.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa
Download berkas