SKRIPSI

Penulis / NIM
ARIYANTI KUMEDI / 911417013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Abstrak
ABSTRAK ARIYANTI KUMEDI, NIM 911417013. 2021. PENGARUH KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS MAN 1 KABUPATEN GORONTALO. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui variabel keterampilan menjelaskan guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, Maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran, keterampilan menjelasakan guru masih tetap memegang peranan penting sebab keterampilan menjelaskan adalah salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh seorang guru dalam kelas. Maka dari itu, setiap guru atau bahkan para calon guru harus dibekali dengan keterampilan ini. Keberhasilan keterampilan guru menjelaskan sesuatu dapat dibuktikan dengan tingkat kepahaman dan pemahaman yang ditunjukan oleh siswa. Penelitian ini mernggunakan Metode kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII IPS di MAN 1 Kabupaten Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 35 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,597 dan koefisien determinasi sebesar 0,589, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 4,153 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,034, maka terdapat pengaruh signifikan. Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan Guru, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011