Penulis / NIM
WILANTI KEU / 911417014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
WILANTI KEU, 2021. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 KOTA GORONTALO. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Usman Moonti, M.Si. dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Dengan mengetahui variabel kecerdasan emosional berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa, Maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa harus diupayakan untuk dimaksimalkan dan diarahkan kecerdasan emosional siswa, sehingga hasil belajar siswa akan terus meningkat.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 39 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,681 dan koefisien determinasi sebesar 0,644, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 4,400 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,026, maka terdapat pengaruh signifikan.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa
Download berkas