SKRIPSI

Penulis / NIM
NADIAH HAMID / 911417015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK NADIA HAMID, 2022. "PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MIPA-1 SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU, KABUPATEN GORONTALO. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd., dan Pembimbing II Sudirman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui variabel kompetensi guru berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa, Maka dapat disimpulkan bahwa agar hasil belajar siswa lebih optimal, maka indikator-indikator hasil belajar tidak hanya sekedar diketahui, tetapi harus diimplementasikan dalam aktivitas belajar mengajar agar didapatkan berupa sikap yang baik dan keterampilan siswa. Pada akhirnya, hasil belajar adalah perubahan perilaku siswa akibat belajar. Perubahan perilaku disebabkan karena siswa mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Hasil itu dapat berupa perubahan dalam aspek kognitif, efektif maupun psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Telaga biru, Kabupaten Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 31 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,692 dan koefisien determinasi sebesar 0,668, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 4,496 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,045, maka terdapat pengaruh signifikan. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011