Penulis / NIM
MITA PRAMESTI KADIR / 911417017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
MITA PRAMESTI KADIR, 2022. PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 16 KOTA GORONTALOÂ. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd., dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 16 Kota Gorontalo. Dengan mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa, maka diharapkan motivasi belajar yang ada pada diri siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya. Motivasi adalah hal yang penting dalam proses pembelajaran sebab motivasi merupakan penggerak pada diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 16 Kota Gorontalo. Besaran pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 16 Kota Gorontalo mencapai 57,3% sedangkan sisanya sebesar 42,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas