Penulis / NIM
RAHMAN K.NURUDJI / 911417026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Rahman K Nurudji, Nim.911 417 026 Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 12 Kota GorontaloÂ. Skiripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2021. Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si, dan Ibu Dr.Hj. Radia Hafid, S.Pd, M.Si selaku Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas yang dilakukan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan regresi sederhana. Data yang digunakan berupa data primer atau data pokok yang diperoleh dari hasil kusioer yang disebarkan pada responden.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pemberian tugas berpengaruh positif dan signifkan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh dari hasil analisis regresi sebesar 0,2809 yang berarti sebesar 28,09 % variabel motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel metode pemberian tugas sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas