Penulis / NIM
WISNAWATI BUDI / 911417033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
Wisnawati Budi, 911417033 "Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 3 Dulupi Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo" Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomo, Universitas Negeri Gorontalo, 2022. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Sudirman, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Dulupi Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan sampel sebanyak 83 siswa kelas VII, VIII, dan kelas IX. metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap hasil belajar siswa sebanyak 25,2%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifiikan Lingkungan terhadap hasil belajar siswa sebesar 42,4%. 3) Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 46,1%. Hasil ini mengindikasi bahwa Hasil Belajar dapat dipengaruhi oleh variabel Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan sebesar 46,1% sedangkan siswanya 53,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Download berkas