SKRIPSI

Penulis / NIM
MALVIN DUKALANG / 911417039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
Malvin Dukalang. NIM 911417039. 2021. Pengaruh Minat Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPA Di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si Sebagai Pembimbing I dan Bapak Sudirman, S.Pd, M.Pd Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPA MAN 1 Kabupaten Gorontalo, 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPA MAN 1 Kabupaten Gorontalo, 3) Pengaruh minat belajar dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPA MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas XII IPA pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Kabupaten Gorotalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sensus yaitu mengambil semua populasi untuk menjadi reseponden yang berjumlah 84. Analisis data dalam penelitian ini menggunakanan alisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, 3) minat belajar dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 74,3% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh minat belajar dan disiplin belajar sebesar 74,3%. Kata Kunci: Minat, Disiplin dan Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011