Penulis / NIM
SALMA ABDULLAH / 911417041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Salma Abdullah, 2021. Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd. dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Widyakrama, Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri Widyakrama, Kabupaten Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 80 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Dengan mengetahui variabel sarana dan prasarana sekolah berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa, harus diupayakan untuk meningkatkan serta mengoptimalkan sarana dan prasarana sekolah, sehingga hasil belajar siswa akan terus meningkat seiring dengan sarana dan prasarana yang memadai.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Sarana dan Prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Widyakrama, Kabupaten Gorontalo. Ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,645 dan harga koefisien determinasi sebesar 0,417, dan harga t hitung sebesar 7,463 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,990.
Kata Kunci: Sarana dan Prasarana, Hasil Belajar Siswa
Download berkas