Penulis / NIM
FITRIYANTI BADOLO / 911417045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyanti Badolo, 911417045 "Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2021. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian secara Deskriptif Kuantitatif, dengan Sampel 80 siswa kelas VII. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, validitas yang digunakan adalah Korelasi Pearson yang menunjukan instrument tersebut valid dan hasil uji dilakukan dengan menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku paket terhadap hasil belajar siswa. Persamaan antara penggunaan buku paket dan hasil belajar adalah Y = 8,026 + 0,853x , model regresi ini menunjukan bahwa setiap kenaikan satu skor penggunaan buku paket maka akan dikuti oleh peningkatan skor hasil belajar siswa sebesar 0,853 pada konstanta 8,026. Hal ini dapat dilihat dari diterimanya hipotesis yang menyatakan bahwa penggunaan buku paket berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kemudian daftar distribusi t diperoleh thitung lebih besar daripada tdaftar atau harga t hitung lebih berada dalam penerimaan H0.
Kata Kunci : Penggunaan Buku Paket, Hasil Belajar Siswa
Download berkas