Penulis / NIM
ALFIATI ISHAK / 911417052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
ALFIATI ISHAK NIM 911417052. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dikelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbingan Ibu Dr. Sri Endang Saleh, M.Si Sebagai Pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dikelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner/angket kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dengan jumlah populasi 265 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 38 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Dikelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo, yang berarti semakin siswa memanfaatkan fasilitas perpustakaan sekolah maka akan semakin meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian perhitungan koefisien determinasi di peroleh ini sebesar 33,1% yang berarti variabilitas motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 33,1%. Sedangkan sisanya sebesar 66,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Motivasi Belajar
Download berkas