Penulis / NIM
DICKY SAFUTRA RUSDIN / 911417053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Dicky Safutra Rusdin. NIM 911417053. 2021. Pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Usman Moonti, M.Si Sebagai Pembimbing I dan Ibu Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto, dengan desain Korelasioanal. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan gambar program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan kreativitas mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, yang berarti semakin kreatif guru mengajar maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa, Koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 58,7% yang berarti variabilitas motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh kreativitas mengajar guru sebesar 58,7%.
Kata Kunci: Kreativitas Mengajar Guru, Motivasi Bel
Download berkas