SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIA AHMAD / 911417055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK FITRIA AHMAD. NIM 911417055. 2021. "FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTS AL-MABRUR KECAMATA BONE RAYA KABUPATEN BONE BOLANGO". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Sri Endang Saleh, M.Si Sebagai Pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Internal dan Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Al-Mabrur Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al-Mabrur. Sampel dalam penelitian ini diambil secara keseluruhan dari kelas VII yang berjumlah 51 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan 1) faktor internal berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) faktor eksternal berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, 3) faktor internal dan faktor eksternal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai koefisien regresi variabel X1 (Faktor Internal) dalam penelitian ini sebesar 1% maka akan meningkatkan hasil belajar sebesar 19%, nilai koefisien regeresi variabel X2 (Faktor Eksternal) sebesar 45,2% dimana setiap perubahan variabel faktor eksternal sebesar 1% maka akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 45,2%, dan koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 92,7% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh faktor internal dan faktor eksternal sebesar 92,7%. Kata Kunci: Faktor Internal, Eksternal, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011