Penulis / NIM
INSAN MAHARANI AHLAN / 911417060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Insan Maharani Ahlan. NIM 911417060. 2021. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Dr. Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua yang terdiri dari Pendidikan orang tua (X1), pekerjaan orang tua (X2), dan pendapatan orang tua (X3) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Tilongkabila. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 25% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling.
Hasil penelitian menunjukan 1) tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) pekerjaan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dan 3) pendapatan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 48,6% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh status sosial ekonomi orang tua sebesar 48,6%.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Hasil Belajar Siswa
Download berkas