Penulis / NIM
MIRANTI R. HALIM / 911417061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
MIRANTI R. HALIM, 2021. PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI I TILONGKABILA KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALOÂ. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si. dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di SMP Negeri I Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Dengan mengetahui pengaruh pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa, maka diharapkan prstasi belajar pada siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan jumlah sampel sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di SMP Negeri I Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Besar pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di SMP Negeri I Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo mencapai 61,6% sedangkan sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar
Download berkas