Penulis / NIM
ARNI H. MONTI / 911417065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
ARNI H. MONTI, 2021. PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI WIDYAKRAMA KABUPATEN GORONTALOÂ. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Rosman Ilato, M.Pd. dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa, maka diharapkan hasil belajar pada siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan jumlah sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo. Besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo mencapai 55,2% sedangkan sisanya sebesar 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar
Download berkas