Penulis / NIM
LILIS U. DUNGGIO / 911417075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Lilis U. Dunggio, 2022. " Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Secara Online Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo Dengan Pembimbing I Dr. meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd, dan Pembimbing II Roy Hasiru, S,Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap aktivitas belajar siswa secara online pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui variabel metode pemberian tugas berpengaruh terhadap variabel aktivitas belajar siswa, maka dapat di simpulkan bahwa untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa agar lebih aktiv harus di upayakan untuk meningkatkan metode pemberian tugas secara tepat dan kreatif karena pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dirasa efektif dan dapat menggairahkan semangat siswa dalam mengikuti jalan proses belajar mengajar sehingga aktivitas belajar siswa akan terus meningkat dengan pemanfaatan metode pemberian tugas yang tepat dan kreatif.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 118 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa atau 25% dri jumlah populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive sampling dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai R hitung sebesar 0,639 lebih besar dari R tabel sebesar 0,584 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel metode pemberian tugas berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa. Selanjutnya, nilai T hitung sebesar 4,394 lebih besar dari T tabel yaitu sebesar 2,048, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel metode pemberian tugas berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa.
Kata kunci: Metode Pemberian Tugas, Aktivitas Belajar
Download berkas