Penulis / NIM
MUH. ALFADIN SYAFAAT / 911417076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Abstrak
Muh Alfadin Syafaat. 911 417 076. "Pengaruh Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Kosentrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato selaku pembimbing I dan Bapak H. Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag selaku pembimbing II.
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah 1) Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru, 2) Tingkat pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran akuntansi masih rendah, 3) Rendahnya keinginan siswa dalam menggunakan sumber belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana, sampel pada penelitian ini berjumlah 90 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari diterimanya hipotesis yang menyatakan bahwa sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, kemudian variabilitas antara sumber belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi yakni sebesar 61.7% Hal ini berarti 61,7 % terdapat pengaruh variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel sumber belajar. Sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti yakni sebesar 38,3 %
Kata Kunci: Sumber Belajar, Hasil Belajar
Download berkas