Penulis / NIM
AFRIYANI KATILI / 911417077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
(AFRIYANI KATILI), NIM 911 417 077. 2022. Pengaruh Kemampuan Bentuk Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 16 Kota GorontaloÂ. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Ibu Dr. Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kemampuan Bentuk Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif kolerasional dengan jumlah sampel 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi sederhana.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Kemampuan Bentuk Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Gorontalo. Besar Pengaruh Kemampuan Bentuk Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa mencapai 48,3% sedangkan sisanya sebesar 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Kemampuan Bentuk Komunikasi Guru, Minat Belajar Siswa.
Download berkas