Penulis / NIM
NI KADEK AYU NINGSIH / 911417081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Ni Kadek Ayu Ningsih. NIM 911417081. 2021. Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si Sebagai Pembimbing I dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada guru-guru di SMP Negeri 8 Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dengan jumlah 46 orang sebagai responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan Akreditasi Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 8 Gorontalo Kota Gorontalo. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik Akreditasi Sekolah maka akan semakin baik Peningkatan Mutu Pendidikan, sebaliknya jika nilai Akreditasi Sekolah kurang maka dapat menurunkan Mutu Pendidikan. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 47,7% yang berarti variabilitas Peningkatan Mutu Pendidikan dapat dijelaskan oleh Akreditasi Sekolah sebesar 47,7%.
Kata Kunci: Akreditasi Sekolah, Peningkatan Mutu Pendidikan
Download berkas